Rabu, 05 Desember 2012

Hardware, Software, dan Brainware pada komputer

Hai hai para perselancar dunia maya!
Makasih loh masih mengikuti "my blog" hihihi
Kali ini serius bentar yuk,, kali ini mau membahas tentang Hardware, Software, sama Brainware nih.
Kalian pasti sudah mengetahui apa itu Hardware, software, dan Brainware. Ya, mereka adalah elemen-elemen penting yang terdapat pada komputer. yuk bahas satu-satu!

HARDWARE

     Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Perangkat keras komputer yaitu :
1. Monitor
2. Keyboard
3. CPU
4. Mouse
5. Speaker
6. Printer
7. Headset/Earphone
8. Hardisk
9. Floppy Disk dll

Hardware terbagi menjadi 3 bagian yaitu :


1. Perangkat Input
   
     Perangkat Input adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contoh perangkat keras input yaitu : Keyboard, Mouse, dan Joystick

2. Perangkat Peprosesan
    
     Perangkat Pemprosesan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contoh perangkat keras Pemprosesan yaitu : Prosesor, CPU

3. Perangkat Output

    Perangkat Output adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.


SOFTWARE

    Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Software dapat terlihat tetapi tidak dapat disentuh secara fisik. Software ada 2 yaitu sebagai :
  1. Sistem Operasi : Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.  contoh : Mozilla firework, dll
  2.  Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.

BRAINWARE

    Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.


ya itulah sedikit pengenalan tentang Hardware, Software, dan Brainware yang bisa saya sampaikan. Makasih sudah menyempatkan waktu untuk menyelam di "my blog" :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar